Memasak Dengan Kompor Kayu Bakar

Diposting oleh Unknown
Seperti yang kita ketahui bahwa kompor kayu bakar adalah salah satu kompor yang sering digunakan untuk masak, bahkan pertama kali kakek nenek kita gunakan jaman dulu. Sampai sekarang banyak orang yang memakai kayu bakar. Ada banyak alasan kenpa orang masih pakai kayu bakar, mulai dari rasa masakannya yang beda ama kompor modern (yang pake gas) sampai kepaksa karena gak sanggup beli gas elpiji. Harga gas jarang turun sering naik #gimana sih Pemerintah? Katanya mau bikin hidup rakyat sejahtera? Mana?? Mana??

Saat ini saya tertarik ma kompor kayu bakar bukan karena harga gas naik lagi, tetapi kepikiran masalah bencana (disimpen dulu omelannya yaa.. hahaha). Saya mencoba cari artikelnya di Wiki How. Wahh ternyata langsung berderet tuh artikel. Saya menemukan satu artikel berjudul “How to Cook on a Wood Stove”. Saya langsung berpikir apabila bencana tiba, listrik mati, mau pakai kompor gas takut (takut meleduk, takut cepet habis dan naik lagi harganya), inilah salah satu alternatif terbaik. Nah, artikel ini saya coba terjemahkan buat teman – teman semua. Selamat membaca :D

Memasak Dengan Kompor Kayu Bakar




Langkah :

1.Panaskan kompor dengan membangun api yang baik di dalamnya dengan alat pengatur kompor yang terbuka lebar.


2.Keluarkan peralatan masak dan bahan masakannya.


3.Ketika memanaskan kompor, taruh ceret atau sepanci air agar menjadi panas juga. Anda membutuhkannya untuk sup, rebusan, teh, kopi, mencuci piring..semuanya. Hal ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan panas jadi gunakan ceret besar.


4.Uji bagian atas kompor dengan memercikan beberapa tetes air. Apabila air mendesis dan menari - nari maka kompor siap digunakan.







5.Variasikan teknik memasak Anda berdasarkan apa yang Anda masak

Untuk sup, letakkan panci, biarkan panas dengan baik (jaga kompor tetap panas, tambahkan kayu apabila diperlukan dan buka/tutup pengatur kompor untuk mencoba temperature, goreng apa saja yang ingin Anda goring (daging, bawang, dll) dan tambahkan bebrapa air mendidih atau kaldu sop. Jika Anda menambahkan air dingin, maka airnya akan lama untuk panas kembali.. panci berisi air panas adalah hal krusial.


Untuk memanggang, taruh sesuatu dalam panci datar (kue, roti) atau dalam alumunium foil (kentang) dan jika atas kompor sangat panas, taruh lembaran alumunium foil diatas tatakan kaki tiga atau sedikit remasan alumunium foil lalu lapisi dengan panci datar besar sampai menutupi atas kompor. Mangkuk besar dari bahan logam juga bekerja sebagai pengganti oven.

Anda dapat menggunakan tempat pembakaran kompor semacam tempat untuk merebus atau oven tandoori. Bungkus apapun yang Anda ingin masak dan letakkan didalam arang setelah semuanya sedikit mendingin (peringatan : Anda dapat mengubah masakan Anda menjadi arang).

Untuk menggoreng diatas kompor, gunakan penggorengan yang tipis. Lapisan kompor dari logam untuk memanaskan lapisan penggorengan dari logam yang mungkin bekerja pada sup dan rebusan seharian, tetapi tidak baik untuk menggoreng. Jika Anda tidak mempunyai penggorengan yang memiliki lapisan logam tipis atau panci saus untuk digunakan, kembali ke alumunium foil tebal (kaleng kopi juga dapat bekerja). Siapkan penggorengan di kompor, beri minyak. Tes kepanasan dengan memercikkan air dan siapkan untuk menggoreng.

Apabila sudah selesai masak, turun pengatur kompor dan biarkan kompor sedikit dingin, tetapi biarkan panci berisi air diatas sana. Anda tidak akan pernah tahu apabila Anda menginginkan secangkir teh.






Tips
• Jangan lakukan saat musim panas. Terlalu panas. Masak di luar dengan kompor tenaga surya atau makanan yang dingin.
• Ambil waktu Anda. Ini bukan microwave.
• Serius, panci berisi air panas sangat krusial. Sediakan beberapa galon di kompor setiap waktu ketika kemah musim dingin di kabin dengan kompor kayu. Siapkan pengisian ulang ketika Anda memindahkan air atau siapkan dua panic bersamaan sehingga salah satu panci masih dalam keadaan tetap panas
• Masak yang simple di awal. Mulai dengan telur dadar atau satu kaleng sup. Jika Anda tidak bisa memasak di rumah, Anda juga tidak bisa memasak di kompor kayu
• Sediakan penutup panci yang berisi air panas atau Anda akan berakhir dengan uap yang banyak dan kabin yang basah di musim dingin dan sausan sungguhan di musim panas

Peringatan
• Berhati – hatilah agar tidak menumpahkan lemak di atas kompor. Lemak yang terbakar sungguh hal yang buruk.
• Sediakan satu kaleng besar garam dan atau baking soda di dekat kompor jaga – jaga terjadi kebakaran akibat lemak.
• Apabila kompor mempunyai garis bata dan atau bersifat katalis, kompor akan susah untuk dipanaskan pada titik dimana Anda ingin menggoreng.
• Jika kompor tidak punya garis, kompor akan panas dan kembali dingin dengan cepat sehingga Anda perlu bermain dengan api dan pengatur kompor
• Pastikan Anda mempunyai lampin (pegangan tahan panas). Semua akan terasa panas termasuk gagangnya.

Menarik yaa artikel diatas, bisa dipraktekan juga loh di rumah sebagai simulasi saat bencana tiba. yang perlu diingat adalah jangan meninggalkan kompor tanpa pengawasan, pastikan sirkulasi udara ruangan baik, dan sediakan pemadam kebakaran ukuran kecil.

Semoga hasil karya yang saya terjemahkan ini dapat membantu teman - teman yaa. Apabila ada yang ingin disampaikan, monggo komentarnya ^_^ terimakasih telah berkunjung dan salam!!

Sumber Data dan Gambar - Wikihow

0 komentar:

Posting Komentar

Yuk belajar memberi komentar yang baik dan positif ^_^

 

My Blog, My World Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review