Tips Membawa Bekal Saat Perjalanan Jauh Keluar Kota

Diposting oleh Unknown
Saat perjalanan jauh keluar kota, entah acara piknik, liburan atau mudik, yang namanya makanan dan minuman tidak boleh ketinggalan dalam daftar. Bisa sih mampir ke restoran yang ada di rute perjalanan yang dilalui, tetapi alangkah baiknya kita membawa bekal dari rumah. Ada beberapa alasan bahwa membawa bekal dari rumah merupakan hal yang patut diacungi jempol :

 Lebih sehat dan higienis
Dengan membawa bekal dari rumah, kita dapat menakar ukuran bumbu seperti gula dan garam yang dipakai saat memasak. Selain itu, kita juga yakin kebersihannya terjaga, bahan – bahan yang kita pakai juga sesuai dengan kualitas yang kita inginkan. Sangat penting membawa bekal sendiri apabila anggota keluarga / rekan / kita sendiri memiliki pantangan makanan dan minuman tertentu sesuai saran dokter.
 Lebih hemat
Dengan membawa bekal sendiri, kita akan membuat penghematan yang sangat lumayan. Kita dapat menghitung biaya untuk berbelanja sesuai kebutuhan. Selain itu, kita tidak akan tergoda untuk berbelanja di minimarket dalam keadaan perut kosong.
 Lebih go green
Dengan membawa bekal, kita bisa lebih go green karena tidak perlu repot membawa bungkusan plastik berisi makanan dan minuman yang telah dibeli dari restoran/minimarket. Sampah pun bisa dikurangi dan kita tidak perlu repot nyari tempat sampah di pinggir jalan.
 Lebih menyenangkan
Memasak itu memang kegiatan yang menyenangkan. Berbelanja, menyiapkan bahan, mengolah, hingga menyajikannya. Ajak anggota keluarga agar acara masak lebih menyenangkan dan siap beberapa jam sebelum berangkat.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa membawa bekal patut diacungi jempol. Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara menyiapkan bekal sebelum hari H? yuk kita baca tulisan saya berikut ini :

1. Rencanakan perbekalan yang akan dibawa jauh – jauh hari sebelum keberangkatan. Diskusikan bersama anggota keluarga apa saja yang ingin mereka bawa saat perjalanan. Pilih yang mudah dibuat, bernutrisi tinggi, dan mengenyangkan.

2. Persiapkan tempat bekalnya semisal lunchbox lengkap dengan sendok garpu sumpit, wadah saji, termos, travelling mug, dan gelas plastik yang bisa dipakai berulang kali.

3. Siapkan cooler box dan ice gel pack untuk mendinginkan makanan dan minuman yang akan dibawa. Masukkan ice gel pack beberapa hari sebelum hari H perjalanan.

4. Berikut contoh bekal yang dapat dibawa :
 Jajanan pasar seperti arem – arem, lontong, lemper, kue mangkok, bolu kukus, pastel isi sayuran, risoles smoked beef mayones.
 Mie goreng dengan taburan sosis dan bawang goreng, bihun goreng dengan udang atau nasi goreng dengan telur ceplok, suwiran ayam atau udang. Tambahkan sayuran juga sesuai selera.
 Mie dalam cup (Pop Mie, Mi Sedap)
 Sandwich isi daging/telur ceplok/tuna/ayam sesuai selera
 Salad (masukkan ke dalam lemari pendingin sehari sebelum perjalanan)
 Pudding/agar – agar/jelly (Buat sehari sebelumnya)
 Aneka roti semisal roti cokelat, roti keju
 Buah – buahan yang telah dikupas dan dipotong - potong

5. Untuk minuman, berikut yang dapat dibawa :
 Air mineral : pastikan bawa dalam jumlah cukup agar tidak dehidrasi
 Jus buah : lebih baik bikin sendiri tanpa / sedikit pakai gula
 Minuman hangat (teh hangat dan kopi hitam): masukkan ke dalam termos terpisah. Pastikan termosnya tidak mudah bocor, memiliki tutup yang baik dan tahan banting. Untuk teh dan kopi, sebaiknya jangan memakai gula sebelum dimasukkan ke termos agar takaran gula bisa diatur.
 Air panas : taruh di termos besar yang kuat, mudah dibawa, tahan banting, dan tidak mudah bocor.
 Susu : apabila ingin membawa susu cair, pindahkan dalam wadah kedap udara

6. Jangan tutup wadah apabila masakan masih panas. Tunggu hingga uapnya hilang.

7. Pisahkan makanan seperti salad dan pudding dengan saus / mayonesnya agar tidak mudah basi.

8. Bawa sambal, saus tomat, dan gula pasir dalam bentuk sachet agar habis sekali pakai.

9. Jangan membawa makanan dan minuman yang mengandung santan agar tidak mudah basi.

Sekian ulasan dari saya, semoga membantu yaa.. sampai bertemu lagi di ulasan berikutnya ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Yuk belajar memberi komentar yang baik dan positif ^_^

 

My Blog, My World Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review