Kebutuhan Bayi Yang Harus Disiapkan Saat Keadaan Darurat

Diposting oleh Unknown

https://fokusindonesia.files.wordpress.com/2014/06/kebutuhan-dan-perlengkapan-bayi-anda.jpg
Saat kita membawa bayi dan anak – anak saat keadaan darurat (terpaksa mengungsi atau tinggal jauh dari rumah untuk sementara waktu), kita tidak dapat memastikan bahwa di tempat pengungsian tersedia kebutuhan bayi dan anak secara menyeluruh. Oleh karena itu, persiapkan semua kebutuhan bayi dan anak dari jauh – jauh hari agar tidak ada yang tertinggal. Apa saja kebutuhan mereka yang harus disiapkan?

ASI

Saat keadaan darurat, sebaiknya para Ibu meneruskan kegiatan menyusui bayinya. Kegiatan menyusui dapat menenangkan ibu dan bayi dari stress. Selain itu, menyusui dapat menghindarkan bayi dari penyakit karena ASI tidak memerlukan sumber air dari tempat lain. Apabila Ibu ingin memiliki ASI yang melimpah, maka disarankan untuk menyetok ASI. Namun, menyetok ASI dalam keadaan darurat butuh perhatian ekstra. Apa saja yang perlu diketahui saat menyetok ASI?
• Sebaiknya ASI distok per takaran volume yang pas sekali minum agar ASI tidak terbuang percuma.
• Stok ASI dalam botol kaca tahan panas karena material kaca lebih tahan terhadap bakteri. Sebelum menyetok ASI, botol sebaiknya disterilkan terlebih dahulu. Botol harus punya tutup yang rapat. Pilih botol yang sesuai dengan takaran konsumsi bayi, misalnya 125 ml.
• Jangan mencampur ASI perahan baru dengan yang lama.
• Beri label dan tuliskan tanggal ASI di perah.
• ASI perah dapat dibiarkan dalam suhu kamar (kurang lebih 19-25 derajat Celcius) selama kurang. lebih 6 – 8 jam.
• ASI disimpan dalam lemari pendingin (suhu 4 derajat Celcius) bertahan 24-48 jam tetapi saat listrik padam, jangan biarkan ASI tersimpan lebih dari 3 – 4 jam.
• Apabila listrik padam atau terpaksa tinggal di pengungsian, masukkan ASI perah dalam bagian tengah atau bagian dalam freezer atau cooler box yang telah berisi es batu atau ice gel pack (tersedia di toko online).
• ASI sebaiknya dibekukan untuk keadaan darurat. ASI beku tahan selama 3 – 6 bulan.

Susu Formula

Apabila anak Anda telah mengonsumsi susu formula (biasanya anak sudah berusia 6 bulan keatas), maka stok susu formula dalam jumlah yang cukup. Apa saja yang harus diperhatikan dalam menyetok susu formula?
• Taruh susu formula dalam wadah kedap udara yang dikhususkan untuk menyimpan makanan, semisal Tupperware, Lock&Lock atau Glass Lock. Beri label dan tulis tanggal kadaluarsa. Saya tidak menyarankan untuk membawa susu formula dalam kemasan aslinya (kaleng/box) karena bakteri lebih cepat masuk ke dalam kaleng/box dibandingkan wadah kedap udara yang dikhususkan untuk menyimpan makanan.
• Siapkan peralatan membuat susu formula seperti gelas ukur, sendok takar, pisau bersih untuk meratakan susu (bisa pakai pisau palet agar lebih aman), dan termos air panas.
• Jangan menggunakan susu formula yang kemasannya sudah terbuka lebih dari 8 hari. Ganti dengan susu formula yang baru.

Makanan Pendamping ASI

Makanan pendamping ASI dapat berupa bubur bayi instan dan biskuit bayi. Stok makanan bayi dalam jumlah yang cukup minimal untuk 3 hari hingga 2 minggu tergantung kondisi saat itu. Syukur – syukur bisa menyetok lebih banyak. Pilih yang tanggal kadaluarsanya masih lama. Takar bubur bayi instan dalam takaran sekali konsumsi agar tidak mubazir. Simpan dalam wadah tertutup yang kering dan kedap udara.

 Popok

Popok terbagi dua kategori : sekali pakai dan berulang kali pakai. Popok berulang kali pakai biasanya terbuat dari kain yang lembut dan dirancang khusus untuk pemakaian berulangkali. Memang lebih praktis memakai popok sekali pakai, tetapi jika Anda tetap membutuhkan popok kain, maka siapkan keduanya dalam jumlah yang banyak. Siapkan peniti untuk mengaitkan popok apabila diperlukan.

Alas Ganti Popok

Alas ganti popok harus terbuat dari bahan yang kuat, nyaman, dan mudah dibersihkan. Jaman sekarang, alas ganti popok sudah satu paket dengan tas popok. Anda dapat membeli terpisah apabila tas popok tidak menyediakan alas ganti popok.

Baju Bayi Beserta Aksesorisnya

Siapkan baju bayi mulai kaus singlet, celana dalam, baju tidur hingga sweater dari bahan tipis hingga tebal. Jangan lupa dengan kain gurita. Siapkan aksesorisnya lainnya seperti topi, ikat pinggang bando, bandana, jam tangan, kaus kaki, sarung tangan, dan syal. Pastikan jumlahnya mencukupi untuk 3 hari – 2 minggu, syukur – syukur bisa stok lebih.

Peralatan Makan & Minum

Peralatan makan & minum juga harus disiapkan. Pilih yang aman untuk makanan, ada label food grade, BPA free, dan mudah digunakan. Stok minimal 2 buah/barang seperti mangkuk bayi stok minimal 2 buah, begitu pula dengan piring, gelas biasa, gelas hisap (sipping mug), sendok, dan garpu. Jangan lupa dengan tadah liur, termos, food container dan milk container.

Botol Susu & Dot Bayi

Pilih botol susu yang BPA free dan ada label food grade. Untuk dot bayi juga sama, pastikan dot bayi sesuai dengan mulutnya. Stok minimal 2 buah botol susu, syukur – syukur bisa lebih. Untuk dot, pastikan stok dalam jumlah yang memadai. Siapkan juga perlengkapan mencuci dan mensterilkannya.

Peralatan Mandi Bayi

Apa saja yang harus disiapkan untuk peralatan mandi bayi saat keadaan darurat?
• Waslap dan handuk mandi yang lembut (besar dan kecil).
• Sampo dan sabun bayi. Dapat digantikan dengan sampo sekaligus sabun bayi. Pilih yang tidak pedih di mata. Sabun cair lebih praktis dan higienis dibandingkan sabun batangan.
• Baby oil, baby lotion, baby cream untuk ganti popok, baby powder, baby cologne.
• Kapas bulat, tisu basah (pilih yang lembut dan wanginya tidak menyengat), cotton buds.
• Perlak sebagai alas mandi
• Bak mandi yang mudah dibawa kemana – mana. Ingin lebih praktis? Beli saja baby bather kursi mandi untuk bayi. Dapat dicari di toko online.
• Minyak telon bayi

Stroller, High Chair, Dan Car Seat

Stroller wajib dibawa agar Anda tidak kelelahan menggendong bayi terus menerus. High chair juga penting agar Anda mudah menyuapi bayi. Car seat sangat penting saat Anda membawa bayi berpergian. Pilih yang mudah dilipat agar praktis.

Kotak P3K

Agar praktis, pilih kotak P3K yang sudah sepaket atau Anda bisa rakit sendiri dan ditambahkan beberapa item (lihat di artikel Ayah Bunda - Lengkapi Kotak P3K Di Rumah) apabila bayi Anda membutuhkannya. Selalu konsultasikan ke dokter terlebih

Perlengkapan Tidur

Pilih baby portable bed yang ringan, kuat, nyaman dan sesuai bagi bayi, tahan lama dan mudah dibersihkan. Pastikan untuk membeli dengan kualitas yang terbaik. Sleeping bag juga dapat membantu. Jangan lupa dengan kelambu, bantal, guling, dan selimutnya.

Gendongan Bayi

Sesuaikan ukuran gendongan bayi dengan berat badan bayi dan kemampuan Anda untuk menggendongnya. Gendongan bayi harus pas, kokoh, ringan, mudah digunakan, mudah dibersihkan dan nyaman bagi Anda dan bayi. Siapkan minimal 2 buah.

Mainan

Bawa mainan bayi dan anak - anak yang dapat menenangkan mereka. Buku gambar, pensil warna, krayon, perlengkapan melukis, hingga buku cerita jangan sampai ketinggalan. Bawa juga empeng untuk membantu bayi tenang.

Tas Perlengkapan Bayi

Lebih dikenal denga tas popok (diaper bag) karena fungsi dasarnya membawa popok bayi baru ditambahkan perlengakapan bayi lainnya seperti baju, peralatan mandi, obat – obatan, tisu basah, hingga mainan. Sekarang, tas perlengkapan bayi telah dijual sepaket dengan alas popok dan tas botol susu bayi. Pilih tas perlengkapan bayi yang kuat, tahan lama, mudah dibawa, memiliki banyak kompartemen. Apabila ada tas khusus botol susu, pastikan bagian dalam tas ada lapisan alumunium foilnya.

Seperti inilah kira - kira gambaran Kebutuhan Bayi Yang Harus Disiapkan Saat Keadaan Darurat, sebaiknya menyiapkannya jauh - jauh hari terutama bagi Anda yang memiliki anak lebih dari satu dan memiliki anak kembar.

Terimakasih telah membaca ulasan saya, semoga membantu yaa. Sampai ketemu lagi di artikel berikutnya ^_^

Sumber :
Ayah Bunda - Tetap Menyusui Saat Keadaan Darurat
Ayah Bunda - Tips Menyimpan ASI Perah
Ayah Bunda - Tips Menyimpan ASI Perah Ketika Listrik Padam
Ayah Bunda – Tips Membeli Gendongan Bayi
Tips Anak Bayi - 50 Perlengkapan Bayi Baru Lahir

0 komentar:

Posting Komentar

Yuk belajar memberi komentar yang baik dan positif ^_^

 

My Blog, My World Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review