Beras

Diposting oleh Unknown
https://wedangberashitam.files.wordpress.com/2013/09/aneka-macam-beras.jpg
Beras adalah makanan pokok orang Indonesia. Sebagai negara penghasil beras dan jumlah penduduk yang mayoritas mengonsumsi nasi, beras dapat peringkat pertama dalam daftar bahan makanan pokok penduduk Indonesia (sesuai motonya orang Indonesia : belum makan apabila belum makan nasi). Beras wajib masuk dalam daftar bahan makanan yang harus dipersiapkan saat keadaan darurat (bencana alam). Selain makanan pokok orang Indonesia, beras dapat disulap jadi berbagai macam masakan mulai dari nasi hingga puding. Betapa beruntungnya jadi orang Indonesia :)


Adapun jenis - jenis beras yang biasa dikonsumsi, yaitu :

Beras Putih sesuai namanya, berwarna putih agak transparan karena hanya memiliki sedikit aleuron, dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20%. Beras ini mendominasi pasar beras.
Beras Merah, akibat aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu.
Beras Hitam, sangat langka, disebabkan aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam.
Ketan (atau beras ketan), berwarna putih, tidak transparan, seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin.
Ketan hitam, merupakan versi ketan dari beras hitam.

Saat ini, beras putih masih jadi pilihan rakyat Indonesia, walaupun banyak juga yang beralih ke beras merah dengan alasan lebih sehat dan mengenyangkan. Nah, bagaimana sih cara memilih beras yang baik? Apalagi saat ini banyak pedagang beras nakal yang menipu konsumen dengan menjual beras dengan pemutih seperti klorin. Bagaimana sih cara membedakannya antara beras alami dan beras dengan pemutih?

1. Beras yang baik adalah beras yang warnanya putih alami dan mengkilap, bebas kutu, jumlah beras yang patah dan kotoran seperti batu jumlahnya sangat sedikit.
2. Biasanya rakyat Indonesia menyukai tekstur nasi yang berbeda seperti orang Jawa menyukai tekstur nasi yang pulen dan lembut, sedangkan orang Sumatera menyukai nasi yang agak pera. Hal ini dapat dilihat dari kualitas berasnya.
3. Beras yang mengandung pemutih biasanya berwarna putih sekali bahkan pucat, baunya pun tajam dan saat dicuci maka air cucian beras warnanya putih seperti susu, sedangkan cucian beras tanpa pemutih warnanya putih alami (tidak terang).

Saran saya, pilih beras merah dan beras hitam dibandingkan beras putih karena beras merah dan beras hitam lebih sehat (mengandung banyak serat dan vitamin) dan lebih mengenyangkan. Lebih baik lagi, pilih beras organik agar manfaat sehatnya terasa :) Dan yang paling penting, lihat logo Standar Nasional Indonesia (SNI) dalam kemasan beras yang akan dibeli. Simpanlah beras dalam wadah kering dan tertutup rapat.

Sekian artikel saya tentang Beras, mudah - mudahan bermanfaat yaa. Sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya ^___^

Sumber :
1. Wikipedia - Beras
2. Kompas Health - Tips Membedakan Beras Yang Diberi Pemutih


0 komentar:

Posting Komentar

Yuk belajar memberi komentar yang baik dan positif ^_^

 

My Blog, My World Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review