Persiapan Kotak P3K Sebelum Keadaan Darurat Terjadi

Diposting oleh Unknown

Dapat beli satu paket atau rakit sendiri sesuai kebutuhan Anda sekeluarga. Konsultasikan pada dokter terlebih dahulu. Tanyalah apa ada obat pengganti apabila obat utama habis. Pilih kotak yang kuat, ringan, kedap udara, kedap air, tahan banting, punya kompartemen banyak, dan mudah dibawa. Jangan lupa cek setiap 3 bulan sekali. Beri label, tuliskan nama Anda sekeluarga, riwayat penyakit, isi kotak, tanggal saat stok, tanggal kadalursa, nomor darurat (dokter pribadi, dokter anak, rumah sakit umum, rumah sakit spesialis, klinik, bidan, PMI, ambulans, tukang ojek, tukang becak langganan, taksi, kepolisian hingga pemadam kebakaran. Daftar dibawah ini adalah standar kotak P3K untuk luka ditambah beberapa barang untuk P3K untuk keadaan darurat pada gigi, alat kontrasepsi, dan beberapa alat bantu evakuasi lainnya.


JenisKegunaan
Alat bantu jalan Kursi roda, tongkat, dan lain – lain. Siapkan sesuai kebutuhan
Alat cek darah Untuk mengukur gula darah, asam urat, dan kolestrol. Merek di pasaran : Accu - check
Alat kontrasepsi & tes kehamilanJaga – jaga apabila ada yang membutuhkan
Alat tensi darah digitalUntuk mengukur tekanan darah. Merek di pasaran : Omron
Alkohol 70%Mensterilkan daerah sekitar luka (jangan dipakai di lukanya langsung). Merek dipasaran : Ika
Anti biang keringatUntuk mengatasi biang keringat. Merek di pasaran : Caladine dan Calamed
Anti jamurUntuk menghilangkan masalah kulit karena jamur. Merek dipasaran : Daktarin
Anti muntahMengurangi rasa mual dan ingin muntah. Sediakan juga untuk si kecil. Merek dipasaran : Antimo
AntibiotikUntuk menghambat pertumbuhan bakteri. Gunakan sesuai petunjuk dokter. Merek dipasaran : Amoxilin
Antihistamin (anti alergi)Untuk mengurangi reaksi alergi. Gunakan sesuai petunjuk dokter. Merek di pasaran : Celestamine
Balsem, minyak angin, minyak pijit, alat kerokan atau uang logamUntuk menghangatkan tubuh yang kedinginan, mengurangi lelah otot (dipijit) hingga kerokan. Beberapa merek yang saya gunakan : Lang (balsam dan minyak angin oles), Freshcare (minyak angin roll), GPU (minyak pijit), Cap Tawon (untuk kerokan dan pijit)
Benang gigi (Dental floss) Membersihkan sisa makanan di sela gigi. Lebih enak pakai dental pick (benang gigi yang ada gagangnya).
Buku PanduanMemberi petunjuk untuk menggunakan isi P3K
Iodine povidon (betadine) – botol/stickMembunuh bakteri dan membantu luka cepat sembuh serta mencegah infeksi
Jarum suntik steril dan alat suntikUntuk menyuntik obat – obatan. Buang di tempat yang aman setelah satu kali pakai.
Kaca mulutYang biasa digunakan dokter gigi
Kain mitella (kain pembalut segitiga) dan penitidapat digunakan sebagai sling untuk lengan atau bahu yang cedera atau dislokasi. Siapkan juga peniti untuk pemasangannya.
Kantong plastik kresekUntuk membuang sampah
Kapas bulat & cotton budsBerfungsi menghantarkan benda cair seperti alkohol/betadine, membersihkan area luka dari kotoran (debu, kerikil, darah)
Kapas gulung (cotton roll) ukuran kecilUntuk digigit saat gigi berdarah atau setelah dicabut
Kebutuhan lainLensa kontak, kacamata cadangan, alat bantu dengar, dan lain - lain
Kompres demam (Bye – Bye Fever/Kool Fever)Membantu menurunkan demam pada anak. Dapat dipakai oleh orang dewasa juga. Aman digunakan bersama obat.
Kompres dingin instant (kemasan)Gunakan kompres dingin instant untuk membantu merawat luka bakar atau jenis luka/cedera lainnya, seperti sengatan serangga, keseleo dan tegang otot. Jika tidak ada, gunakan ice gel pack.
Larutan steril seperti hydrogen peroksidaSangat membantu dalam membersihkan dan mensterilkan luka agar tidak terjadi infeksi. Jika hidrogen peroksida tidak ada, gunakan saja larutan iodine providon untuk membersihkan luka.
Lilin (parafin) atau dental waxUntuk menambal gigi
Minyak Cengkeh (Clove Oil)Untuk meringankan sakit gigi ringan dan sementara. Bisa dibeli di apotek.
Obat – obatan khusus seperti obat jantung, obat pengencer/pembeku darah, obat penambah darah, insulin, obat asma beserta inhaler, dsbStok sesuai kebutuhan anggota keluarga. Baca aturan pakai. Bila sakit berlanjut hubungi dokter/ke rumah sakit terdekat. Untuk insulin, simpan dalam lemari pendingin.
Obat analgesic (penghilang rasa sakit) dan anti inflamasi (anti peradangan)Merek Ponstan untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi dan nyeri saat haid.
Obat anti inflamasi pada kulitMenekan reaksi radang pada kulit yang bukan disebabkan infeksi seperti eksim dan alergi kulit. Merek dipasaran : Hydrocortison
Obat anyang - anyanganUntuk mengurangi masalah anyang – anyangan. Gunakan sesuai petunjuk dokter
Obat batukMeredakan gejala batuk. Kenali dulu jenis batuknya sebelum membeli obat, terutama untuk si kecil.
Obat demamMeredakan gejala demam. Untuk anak, biasanya mengandung zat aktif parasetamol atau asetaminofen
Obat diareUntuk mengurangi diare. Merek yang tersedia di pasaran : Diapet dan Entrostop. Sediakan juga untuk anak – anak.
Obat kompres lukaUntuk mengompres luka terutama yang mengeluarkan nanah. Tersedia di pasaran merek Rivanol.
Obat luka terbentursalah satunya Trombhophop, merek dagang untuk jelly oles yang dapat mendinginkan, mengurangi nyeri dan mengurangi memar berkat zat aktif heparin
Obat maagUntuk mengurangi asam lambung. Merek di pasaran : Promag, Mylanta
Obat pencaharUntuk membantu melancarkan BAB. Baca aturan pakai karena mengandung efek samping. Merek di pasaran : Dulcolax
Obat sakit kepalaUntuk mengurangi sakit kepala. Merek dipasaran : Bodrex, Panadol, Neuralgin
Obat sakit perut (norit)Berfungsi mengatasi gangguan perut mulai kembung hingga keracunan
Obat tetes mata dan larutan pencuci mataMeredakan iritasi pada mata dan membersihkan mata dari debu. Merek di pasaran : Visine, Insto, Matafres (tetes mata) dan Y-rins, Rohto (larutan pencuci mata)
Obat vertigoMembantu mengurangi rasa pusing akibat vertigo. Tersedia merek Merislon. Berhubung ini obat keras, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu
OralitBerfungsi mencegah dehidrasi saat diare. Minum 3 – 4 kali sehari
Pelega sakit tenggorokanUntuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan saat batuk atau radang. Merek di pasaran : FG – Troches. Berhubung mengandung antiseptic mulut, sebaiknya konsultasikan pada dokter.
Pelindung seperti masker penutup hidung, sarung tangan karet sekali pakai (lateks dan vinyl), dan celemekUntuk menghindari kontaminasi bakteri yang menyebabkan infeksi saat bersentuhan dengan darah, debu, dsb saat menolong korban atau merawat cedera
Pemudar bekas lukaMembantu memudarkan bekas luka. Merek di pasaran : Dermatix
Penambah daya tahan tubuhMembantu meningkatkan kekebalan tubuh. Merek di pasaran : Sakatonik Liver, Stimuno
PeneranganUntuk pertolongan di tempat yang cahayanya kurang baik. Siapkan senter polisi beserta baterainya. Jika perlu, siapkan juga lampu emergency dan head lamp LED
Peralatan higienitasTisu kering (Paseo), tisu basah (Mitu), dan hand sanitizer (Antis) dalam bentuk travel size. Bisa juga menyediakan Strong Acid dari Kangen Water.
Peralatan jahit operasiJaga – jaga ada yang membutuhkan jahitan atau operasi dadakan
Perban elastisTidak semua kecelakaan menyebabkan luka atau goresan, keseleo juga mudah terjadi. Perban elastis dapat digunakan untuk menstabilkan pergelangan tangan, siku, pergelangan kaki, atau cedera lutut. Pelajari fungsi dan cara menggunakan perban elastis
Perban gulung & kain kassa sterilMenutup luka dan mencegah pendarahan ringan apabila digunakan dengan benar. Jangan lupa dengan perekatnya (adhesive tape cloth).
Pereda nyeri ototUntuk meredakan nyeri otot. Dapat berupa balsam (balsam otot Geliga), oles (Counterpain), atau tempel (Salonpas)
Pinset dan kaca pembesar (lup)Mencabut benda kecil seperti duri, sungut lebah, pecahan kaca, dsb. Gunakan kaca pembesar agar dapat melihat dengan jelas
PipetUntuk meneteskan obat sesuai takaran
Plester rekat berbagai ukuranMenutup luka agar tidak terkontaminasi bakteri
Salep antibiotikSalep antibiotik seperti Neosporin dan Polysporin sangat membantu untuk mencegah infeksi pada luka atau lecet, sekaligus mempercepat penyembuhan dan mengurangi risiko terjadinya jaringan parut.
Salep luka bakarSalep luka bakar sederhana seperti Levertran telah sejak lama digunakan untuk mengatasi luka bakar
StetoskopUntuk mendengarkan suara jantung dan pernapasan
Suplemen makanan Untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Berupa vitamin dan mineral. Konsultasikan dengan dokter
Tandu lipatUntuk membawa korban ke tempat yang lebih aman
Termometer digitalMengukur suhu tubuh dengan akurat. Siapkan beberapa buah.

Nah, itu dia standar kotak P3K yang saya lengkapi lagi dengan beberapa barang penting lainnya. Mudah - mudahan dapat membantu yaa. Sekian ulasan dari saya, sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya :)

Sumber :
Detik Health - Ponstan, obat untuk sakit gigi hingga nyeri otot
Detik Health - Hydrocortison untuk anti inflamasi kulit
klikdokter.com - kotak P3K untuk keadaan darurat gigi

0 komentar:

Posting Komentar

Yuk belajar memberi komentar yang baik dan positif ^_^

 

My Blog, My World Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review